Alumni tidak bisa dilepaskan dari almamater tempat mereka menimba ilmu. Alumni bisa menjadi contoh adik-adik angkatan mereka supaya bisa menjadi seperti mereka atau lebih baik dari mereka dari pengalaman yang mereka bagikan. Kegiatan kuliah tamu dari alumni menjadi salah satu sarana agar alumni dapat menyampaikan pengalaman mereka. Untuk tahun ini, giliran Debrina Ifulani, A.Md., alumni angkatan tahun 2009 yang membagikan pengalamannya. Ditemani dengan atasan langsungnya bapak Hendra Hermawan,S.E.,M.M. dari Pembangkit Jawa Bali Unit PJB Academy.

Kuliah tamu ini dilaksanakan pada hari Senin, 11 Desember 2017 mulai pukul 09.00 di New Expo Stikom Surabaya. Tema dari kegiatan ini adalah “Expand Your Professional Attitude at Work”. Tema tersebut dipilih dengan tujuan agar mahasiswa paham bahwa atitude atau perilaku ditempat bekerja adalah sangat penting dibanding dengan dengan kemampuan fisik.

Selama kurang lebih dua jam kegiatan ini dilaksanakan, banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh mahasiswa maupun dosen yang hadir. Mahasiswa sangat antusias mendengarkan pengalaman yang disampaikan oleh Debrina dan ilmu yang disampaikan oleh pak Hendra. Debrina yang saat ini berperan sebagai sekretaris membagikan pengalaman bagaimana dia melayani para pimpinan dan bagaimana bersikap kepada mereka, bagaimana menangani pekerjaan yang sebenarnya bukan pekerjaan dia dan bagaimana menghadapi customer yang sangat bandel. Sebelum Debrina menceritakan pengalamannya, pak Hendra menyampaikan terlebih dahulu apa yang diinginkan perusahaan terhadap karyawannya dan bagaimana seharusnya mereka bersikap selama bekerja.

Kegiatan ini dikoordinasi oleh angkatan 2017 yang notabene baru 5 bulan berada di kampus Stikom Surabaya ini. Sangat membanggakan. Meskipun masih ada kekurangan, tapi hal tersebut tidak mengurangi nilai dari Kuliah tamu kali ini. Kegiatan pertama mereka ini menjadi pengalaman berharga mereka untuk mengelola suatu kegiatan. Dari kegiatan ini, mereka memiliki harapan untuk dapat menyelanggaran kegiatan lain dengan lebih baik lagi.