Microsoft Office Specialist (MOS) adalah program sertifikasi yang dirancang untuk menguji skill atau keahlian dalam menggunakan aplikasi Microsoft Office yang merupakan aplikasi desktop bisnis dan perkantoran yang umum digunakan hingga saat ini.

Bagi yang berhasil melewati ujian tersebut akan mendapatkan sertifikat langsung dari Microsoft dan mendapat gelar MOS. Hal itu sangat penting karena akan mempermudah dalam mencari pekerjaan.

Salah satu dari mahasiswa D3 Komputerisasi perkantoran dan Kesekretariatan yang berhasil melewati ujian sertifikasi MOS adalah Rizkaa Maritsa Zain yang merupakan mahasiswa D3 Komputerisasi Perkantoran dan Kesekretariatan angkatan 2012. Dia melaksanakan sertifikasi tersebut pada tanggal 19 September 2015 dan berhasil mendapatkan sertifikat MOS.

Menurut perempuan yang suka makan nasi goreng ini, kesulitan – kesulitan yang dia alami saat menjalani ujian sertifikasi MOS adalah waktu yang digunakan untuk mengerjakan soal terlalu singkat dan pemahaman akan soal – soal yang diberikan. “Senang sekali, saya sangat beruntung dapat melalui ujian tersebut meskipun mendapatkan pass score, dan tidak semua mahasiswa mendapat kesempatan mengikuti ujian sertifikasi ini bahkan di universitas lain juga tidak menyelenggarakan sertifikasi internasional ini” kata Rizkaa.