Table manner atau sering dikenal dengan istilah etiket makan, merupakan aturan atau tata krama yang dibuat oleh orang untuk menerapkan aturan yang baik saat makan.

Pengetahuan tentang Table manners atau etiket makan sangat diperlukan oleh setiap orang, karena tidak setiap orang mempunyai aturan yang sama saat di meja makan.Etiket makan yang berlaku standar dipakai pada acara jamuan makan ataupun saat menghadiri undangan makan di restoran, adalah etiket makan yang berkembang di negara-negara Eropa.

Pentingannya diselenggarakan Table Manner untuk mahasiswa DIII Komputerisasi Perkantoran dan Kesekretariatan Institut Bisnis dan Informatika STIKOM Surabaya, sebagai calon sekretaris perlu memahami sopan santun yang berlaku dalam suatu perjamuan makan serta untuk mengetahui tata cara nasional dn internasional dalam etika menikmati hidangan secara bersama dengan pimpinan dan juga partner bisnis lainnya .

Table Manner merupakan hal yang wajar bila diketahui oleh seorang sekretaris, sehingga di salah satu mata kuliah DIII Komputerisasi Perkantoran dan Kesekretariatan, yaitu Pengembangan Diri III yang di bimbing oleh Ibu Hj. Rr. Soeharlien Soeharno S.Sos.,S.Pd di mata kuliah tersebut diselenggarakan ujian praktik Table Manner.